Hari
Jam
Menit
Detik
Menuju Pemilu Serentak 2020


Bootstrap Slider

Agenda Hari ini

Polling

Link









 

Berita

SI LUBER MERIAHKAN LAUNCHING PILKADA KEPULAUAN SELAYAR TAHUN 2020



Benteng, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Selayar malam ini, Kamis (27/11/2020) menggelar launching Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Selayar Tahun 2020. Kegiatan Launching yang digelar di Ruang Pola Kantor Bupati Kepulauan Selayar ini ditandai dengan pemukulan gong dalam replika Gong Nekara oleh komsioner KPU Republik Indonesia Ilham Saputra didampingi oleh para komisioner KPU Kepulauan Selayar bersama dengan unsur Forkopimda. Turut diperkenalkan dalam acara ini jingle Pilkada dan si Luber yang merupakan maskot penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Selayar Tahun 2020. Maskot si Luber ini  berupa tugu patung jeruk yang merupakan salah satu ikon di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Ketua KPU Kepulauan Selayar dalam sambutannya mengatakan bahwa KPU Kepulauan Selayar telah melaksanakan beberapa tahapan sesuai dengan program dan jadwal penyelenggaraan Pilkada tahun 2020 yang tertuang dalam Peraturan KPU Nomor 16 Tahun 2019.

“Saat ini kami telah melaksanakan pemeriksaan syarat dukungan bagi bakal calon perseorangan dan juga sedang dalam proses saat ini perekrutan penyelenggara adhok di tingkat desa dan kelurahan dan telah selesai melaksanakan perekrutan penyelenggara adhok di tingkat kecamatan yang agenda pelantikannya akan dilaksanakan pada tanggal 29 Februari 2020” terang Nandar Jamaluddin.

Nandar Jamaluddin juga mengemukakan bahwa momentum penyelenggaraan Pilkada oleh KPU Kepulauan Selayar adalah amanah yang sangat besar dan berat yang dititipkan Negara.

“bahwa secara internal pembagian tugas komisioner di KPU Kepulauan Selayar sesuai dengan job masing-masing, maka malam ini atas nama lembaga menyampaikan permohonan maaf karena kami hadir hanya bertiga bersama dengan ibu Andi Nastuti selaku divisi parmas dan sosialisasi serta bapak sukardi selaku divisi data dan perencanaan, komisioner lainnya bapak Mansur Sihadji sedang melaksanakan tugas luar dan bapak Andi Dewantara sedang izin melaksanakan ibadah umrah” jelas Nandar Jamaluddin.

Nandar juga mengatakan bahwa untuk memastikan dan menentukan mutu penyelenggaraan Pilkada akan dipengaruhi oleh proses tahapan yang akan dilaksanakan oleh KPU Kepulauan Selayar.

“Launching pilkada malam ini untuk menyampaikan atau mendekarasikan tentang kesiapan KPU secara kelembagaan dalam penyelenggaraan Pilkada tahun 2020, olehnya itu kami mengajak seluruh stakeholder untuk dapat bersama-sama dan bersinergi memastikan jalannya pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Kepulauan Selayar benar-benar berintegritas” tutup Nandar Jamaluddin.

Bupati Kepulauan Selayar, H. Muh. Basli Ali dalam sambutannya mengatakan bahwa pemerintah daerah akan memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati kabupaten kepulauan selayar tahun 2020.

“Pemerintah daerah telah menganggarkan sebesar 22 milyar yang bersumber dari APBD TA. 2019 untuk membiayai keseluruhan tahapan program, dan dihibahkan kepada KPU Kabupaten Kepulauan Selayar. selain itu, pemerintah daerah bersama-sama dengan pemerintah kecamatan dan pemerintah desa/kelurahan akan memberikan fasilitasi prasarana bagi panitia pemilihan kecamatan (ppk) dan panitia pemungutan suara (pps) berupa fasilitas ruang kerja dan sekretariat yang akan membantu pelaksanaan tugas penyelenggara berdasarkan tingkatannya.” terang Muh. Basli Ali.

Bupati Kepulauan Selayar juga menyampaikan ucapan selamat dan sukses atas terselenggaranya Launching Pilkada.

“Akhirnya, atas nama pemerintah daerah saya mengucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya launching pada malam ini, dan selamat menjalankan amanah undang-undang kepada KPU Kabupaten Kepulauan Selayar beserta jajarannya.” ucap Basli Ali.

Bupati Kepulauan Selayar juga berharap semoga Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Kepulauan Selayar dapat terselenggara dengan baik tanpa dicederai oleh adanya pelanggaran baik dari pihak penyelenggara, kontestan pemilihan, partai politik pendukung, tim sukses, maupun para simpatisan nantinya.

Sementara itu, Komisioner KPU Republik Indonesia, Ilham Saputra mengatakan bahwa saat ini KPU sedang membangun kembali kepercayaan publik terhadap seluruh kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh KPU dan jajarannya.

“Kami meminta kepada semua pihak untuk membantu, memfasilitasi serta mengawasi penyelenggaraan Pilkada di Kepulauan Selayar dan kepada KPU Kepulauan Selayar bersama jajarannya agar memastikan tidak melakukan pelanggaran-pelanggaran dan kalau terbukti melakukan hal tersebut akan langsung dilakukan pemecatan” jelas Ilham.

Ilham Saputra juga menghimbau kepada seluruh masyarakat , partai politik dan peserta pilkada untuk menciptakan suasana kondusif dalam pelaksanaan Pilkada nantinya.

“Kita tunjukkan bahwa peradaban di Kabupaten Kepulauan Selayar jauh lebih maju dibandingkan dengan daerah-daerah lain dengan menyukseskan penyelenggaraan Pilkada Tahun 2020 ini” harap Ilham Saputra.

Serangkaian dengan giat launching, dalam giat malam ini juga dilaksanakan pembacaan dan penandatanganan Pakta Integritas oleh komisioner KPU Kepulauan Selayar dan juga penandatangan MoU dengan beberapa instansi terkait.

Acara yang dihadiri oleh unsur Forkopimda, Bawaslu, pimpinan OPD, Ormas, Ornop, tokoh agama, tokoh masyarakat dan insan pers ini ditutup dengan tauziah oleh Rektor UIN Alauddin Makassar, Prof. Dr. Hamdan Juhannis, M.A., Ph.D.



Posted By: B2/MediaCentre Tanggal : 27-02-2020 Dibaca : 115 kali
 




Agenda Kegiatan

Alamat Kantor

Jl. Jend. Ahmad Yani No. 12, Benteng, Kepulauan Selayar 92812

Mail:kpu_ksly@gmail.com
Phone:(0414) 22341
Fax:(0414) 22341
Official Website:http://kpu-kepulauanselayarkab.go.id

Komisi Pemilihan Umum (KPU) adalah lembaga Penyelenggara Pemilu yang bersifat nasional, tetap, dan mandiri yang bertugas melaksanakan Pemilu.

Copyright © 2014 Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kepulauan Selayar. All right reserved